Mengenal ac mobil

1.KOMPONEN MEKANIKAL :

TATA LETAK KOMPONEN AC MOBIL
Komponen mekanikal ac mobil terdiri dari :

Kompresor / A
Kondensor / B
Filter Drier / C
HPS { high pressure switch} / dipasang dipipa antara c dan d
Expansion valve / D
Evaporator / E
Selang dan pipa
semua komponen diatas dihubungkan dengan selang selang dan pipa yaitu
Selang ukuran 5/8 ” menghubungkan antara evaporator E dan kompresor A.
Selang ukuran 1/2 ” menghubungkan antara kompresor A dan kondensor B
Selang ukuran 3/8 ” menghubungkan antara kondensor B dan filter drier C
Selang ukuran 3/8 ” menghubungkan antara filter drier C dan evaporator E
2. KOMPONEN ELEKTRIKAL
Magnetic clucth
Motor fan dan relay
Molor blower
wenstand
switch indax atau saklar speed angin
Termostat /termistor
Amplifier ac
NAMA – FUNGSI KOMPONEN MEKANIKAL AC MOBIL

1. KOMPRESOR

Fungsi kompresor : menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi cairan yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi.
2. KONDENSOR

Fungsi kondensor :
Membuang suhu panas hasil dari pemampatan gas refrigerant yang menjadi tinggi suhu dan tekanannya dari kompresor sehingga merubah refrigerant dari gas menjadi cair

3. FILTER DRIER

macam macam dan jenis filter drier
sering orang menyebut botol / drier yang terkadang orang mengira tabung ini tempatnya freon ( dan ini salah kaprah) filter drier adalah tabung untuk menampung sementara freon cair sebelum disalurkan ke evaporator ,dan kenapa disebut filter drier ,dikarenakan part ini didalamnya terdapat dua bagian yaitu filter kasa dan silika gel ( penyerap air) dan juga mempunyai fungsi ganda yaitu pertama untuk menyaring kotoran dan partikel halus dalam system dan juga berfungsi untuk menyerap kandungan uap air yang ada dalam freon

4.HPS – LPS / HIGH-LOW PRESSURE SWICTH
fungsi : HPS ; high presssure swicth / mengamankan komponen komponen ac mobil pada saat tekanan ac melampaui batas maximal ( diatas 450 psi ) dengan cara menghentikan aliran setrum yang ke kompresor sehingga kompresor berhenti bekerja .tekanan terlalu tinggi biasanya diakibatkan oleh
fan motor ac mati
freon kepenuhan
ada komponen yang mampet
LPS :LOW PRESSUER SWIT / mengamankan dan mencegah rusaknya kompresor saat freon kosong ,pada saat terjadi kebocoran maka tekanan freon akan menurun dan pada tekanan dibawah 25 psi maka lps akan memutuskan aliran setrum ke kompresor ,
fungsi lps dan hps terdapat dalam satu komponen spare part bernama pressure swicth

5. EKSPANSI VALVE

fungsi expansi valve
mengabutkan freon ke dalam evaporator sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup angin blower ke alam kabin ,juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evap sesuai dengan yang dibutuhkan ( hal ini tergantung dari beban pendinginan dalam kabin dan ini diatur oleh capilary tube dibagian ekspansi)

6. EVAPORATOR

Fungsi evaporator
Merupakan hasil akhir dari semua proses kerja semua komponen ac mobil ,ditempat ini lah dingin dihasilkan dan diserap oleh kisi kisi evaporator yang kemudian di tiup oleh udara motor blower ke seluruh ruangan kabin . untuk evaporator genuine denso mempunyai tiga macam dan tipe evap yaitu =
tipe plate fin – untuk evap universal ( lihat pic )
tipe corrugate fin – evap sirip lebar
tipe drop cup – evap sirip rapet
Untuk tipe drop cup /sirip rapet mempunyai banyak keunggulan yaitu
kontruksi lebih kuat dan kokoh
penyerapan dingin lebih merata sehingga pasti dingin nya lebih nggigit
aliran freon bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri kekanan mangikuti alur pipa capiler evap
untuk mobil mobil keluaran terbaru diatas th 2000 sudah memakai tipe ini
kekurangannya yaitu :
harga lebih mahal
bila bocor susah dilas
7.SELANG SELANG DAN PIPA PIPA
Adalah penghubung dan penghantar tekanan freon keseluruh bagian komponen ac mobil ,selang dibuat dari bahan karet syntetis yang dirancang tahan terhadap tekanan /suhu tinggi dan tahan terhadap kandungan kimia dari refrigerant dan pipa ac terbuat dari bahan : aluminium atau tembaga atau juga ada yang terbuat dari besi

NAMA DAN FUNGSI KOMPONEN ELEKTRIKAL
Magnetic clucth
Motor fan dan relay
Molor blower
wenstand
switch indax atau saklar speed angin
Termostat /termistor
Amplifier ac

CARA KERJA STIAP KOMPONEN

Sebagai salah satu pengguna mobil, anda pasti sudah sangat mengenal AC atau air conditioner. Mobil yang menggunakan AC telah menjadi sebuah kebutuhan bagi para pengendaranya. Sebagai salah satu penggunanya, ada baiknya jika anda mengenal komponen atau bagian serta cara kerja AC mobil sehingga anda dapat mengetahui penyebab kerusakan pada AC mobil anda. sederhananya, sistem pendingin pada mobil bekerja layaknya kulkas dengan mengganti udara panas di dalam kabin dengan udara dingin dengan cara mengeluarkannya. Untuk cara kerja AC mobil sendiri yaitu dengan cara mensirkulasi Freon pada AC mobil pada saat AC mobil dinyalakan. Berikut ini adalah urutan kerja sistem pendingin atau AC mobil anda.

Nissan

Siklus AC Mobil

Kompresor AC berputar dan menghisap Freon pada tekanan yang rendah lalu memompa gas tadi menju kompresor AC dalam keadaan bertekanan dan memiliki temperature yang tinggi. Selanjutnya Freon yang berupa gas tadi di ubah menjadi cair oleh kondensor.
Freon cair kemudian melewati receiver dryer untuk di saring jika terdapat kotoran di dalam Freon.
Setelah melalui receiver dryer, kemudian Freon menuju expansi valve melalui saluran sempit yang terletak pada exspansi valve dan dikabutkan oleh evaporator.
Dari evaporator, Freon kembali dihisap oleh kompresor AC dan siklus tadi kembali berulang dari awal.
Selain mengetahui bagaimana cara kerja AC mobil, anda juga perlu mengetahui prinsip kerja bebagai komponen penyusun sistem AC mobil. Berikut ini adalah beberapa komponen serta prinsip kerjanya :

Kompresor AC
Kompresor AC bekerja bersamaan dengan putara mesin yang berguna untuk menghisap gas Freon dari evaporator dan memompa Freon tersebut menuju kondensor AC melewati saluran high pressure pipa AC. Di dalam kompresor AC terdapat oli khusus yang berguna sebagai pelumas.

Kondensor
Kondensor pada AC berfungsi untuk merubah gas Freon bersuhu serta memiliki tekanan tinggi yang telah dipompa oleh kompresor menjadi cair. Caranya adalah dengan mendinginkan atau membuang panas dari gas Freon tadi dengan bantuan dari extra fan atau motor cooling fan.

Receiver dryer
Freon cair bergerak masuk ke inlet receiver dryer melewati filter dari kondensor AC guna menyaring jika ada kotoran yang masuk. Beberapa sistem AC mobil tidak memiliki receiver dryer karena memiliki proses kondensasi yang sempurna pada kondensornya.

Ekpansi valve
Ekspansi valve adalah saluran sempit yang menjadi tempat mengalirnya Freon cair bertekanan tinggi dari receiver dryer menuju evaporator. Terjadi pengkabutan Freon cair pada saat melewati exspansi valve.

Evaporator
Pengkabutan yang terjadi saat Freon melewati ekspansi valve kemudian disalurkan menuju evaporator dalam bentuk udara dingin. Udara dingin dari kisi evaporator tersebut akan mulai dihembuskan oleh tiupan angin yang berasal dari blower yang kemudian dapat dirasakan di dalam kabin mobil.

Heater
Heater berfungsi sebagai pemanas ketika angin yang dihembuskan oleh blower melewati heater. Heater mendapatkan panas yang berasal dari saluran radiator pada mesin mobil. Heater pada AC mobil sering ditemukan pada mobil yang sengaja dibuat untuk daerah yang memiliki suhu udara dingin sehingga berfungsi sebagai penghangat di dalam kabin mobil.

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya sedikit banyak anda mulai mengerti tentang cara kerja AC mobil dan prinsip kerja beberapa komponennya. Semoga bermanfaat bagi anda dalam merawat serta menjaga sistem pendingin ruangan mobil anda.”

Copas dari bebearapa sumber..

Iklan