ANDA BUTUH INFORMASI YANG LAIN? KLIK DISINI

lihat Yang lain disini

Bulan September yang lalu Kota Seoul di Korea Selatan untuk pertama kalinya berhasil mengoperasikan ‘SPBU’ atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar hidrogen.

Layaknya SPBU yang ada di Indonesia, stasiun pengisian hidrogen ini dipergunakan untuk melayani kebutuhan bahan bakar bagi kendaraan. Hidrogen sendiri merupakan salah satu sumber energi alternatif di samping bahan bakar minyak bumi.

Keberadaan SPBU hidrogen ini membawa Seoul ke dalam era baru penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar. Dan SPBU ini merupakan salah satu dari 80 stasiun pengisian hidrogen di seluruh dunia, yang ditujukan sebagai promosi pengembangan bahan bakar alternatif.

Di SPBU hidrogen, hidrogen diproduksi melalui reaksi antara naphtha dan air dengan bantuan katalis tertentu, dimana hidrogen hasil produksinya disimpan dalam sebuah bejana bertekanan tinggi. Dari bejana ini hidrogen siap untuk diisikan ke dalam kendaraan.

Dengan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya, untuk mencapai jarak 300 km, sebuah kendaraan hanya memerlukan 3.5 kilogram hidrogen. Begitu hemat! Dan yang lebih penting, bahan bakar ini bebas polusi. Ia hanya mengeluarkan uap air! Itu saja.

Pemerintah Korea Selatan sendiri rencananya akan membuka lagi 50 buah SPBU hidrogen di seluruh wilayah mereka, yang direncanakan akan terealisasi pada akhir tahun 2012.

Bagaimana pemerintah kita? Seharusnya pengembangan energi alternatif merupakan program strategis dari dahulu…kalau tidak ya…. mulai sekarang!

Semoga, kita hanya berharap.

One thought on “ANDA BUTUH INFORMASI YANG LAIN? KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s