Komponen listrik di outdoor unit

Komponen listrik di outdoor unit

.fullpost{display:inline;} Komponen listrik yg berada pada outdoor unit adalah:

1. running capasitor

2. fan capasitor

3. fan motor

4. overload compressor

5. komponen pcb (untuk ac split type multi)


Running capasitor berfungsi menyimpan muatan listrik untuk menbantu gerak motor pertama atau start compressor.
kerusakan running capasitor dapat diketahui dengan menggunakan multitester yaitu dengan cara:
posisikan knop multitester pada skala ohm/tahanan X 1000 lalu tempelkan kedua probe multitester kepada dua kaki terminal running capasitor kemudian lihat pada waktu anda menempelkan kabel probe – dan +, apa jarum penunjuk pada multitester bergerak kekanan lalu kembali lagi kekiri dengan cepat?
bila “ya” berarti running capasitor dalam kondisi baik, bila jarum multitester tidak kembali lagi kekiri dengan cepat berarti running capasitor rusak.

Fan capasitor berfungsi untuk membantu start pertama pada fan motor outdoor unit, cara mengetahui kerusakan fan capasitor sama dengan cara mengetahui kerusakan pada running capasitor.

Fan motor pada outdoor unit berfungsi untuk membuang panas yg berada pada condenser, kerusakan pada fan motor outdoor dapat anda lihat pada artikel fan motor outdoor unit.

Overload compressor berada dekat dengan terminal compressor, berfungsi untuk memutuskan aliran listrik bila arus listrik yg masuk pada compressor melebihi ambang batas.
didalam overload terdapat 2 bimetal yg bila dilalui arus listrik yg tinggi dapat memuai, sehingga arus listrik dapat dicegah untuk masuk ke compressor.
dengan adanya overload tidak menjamin compressor tidak dapat terbakar gulungan dinamonya.
cara mengetahui overload yg rusak yaitu dengan cara mengukur kedua terminal yg berada pada overload dengan multitester pada skala ohm.
bila jarum multitester bergerak disaat kedua kabel probe ditempelkan pada kedua kaki overload, berarti overload dalam kondisi baik.
cek juga pada bagian bawah overload apakah berkarat atau tidak? bila berkarat atau sudah rapuh, ganti overload dengan yg baru.

Komponen pcb pada outdoor unit hanya ada pada ac split type multi yaitu 1 outdoor unit dengan 2 indoor unit.
untuk mengetahui kerusakan pada komponen pcb, anda harus mempunyai dasar ketrampilan dibidang elektronika.
belilah buku yg mengajarkan keterampilan elektronika untuk dijadikan dasar keberanian anda untuk memperbaiki kerusakan yg terjadi pada bagian komponen pcb ac split.
tanpa adanya dasar pengetahuan tentang elektronika, jangan coba-coba memperbaikinya berdasarkan insting anda, dengan begitu kerusakan yg terjadi pada komponen pcb anda, dapat anda perbaiki dengan waktu yg tidak lama.

3 Balasan ke Komponen listrik di outdoor unit

  1. jefri berkata:

    mantap

  2. edi ramlan berkata:

    ac split 1/2pk saya tidak dingin,menetes oli dari outdoor.setelah di cek dengan monifold 60psi tetap jarum tidak gerak dlm keadaan opersional.tetapi ampere nya 6,7A.tetapi anehnya waktu diisi freon kompresor mati bersamaan dgn ampere mau turun.klo boleh tau apa sebabnya ya?trmkasih

  3. sofyan berkata:

    biasanya tetesan oli menandakan kebocoran pada saat melakukan pemfleringan…jadi anda coba perbaiki fleringan nya dan pastikan oli tidak keluar…setelah itu kurangi freon yang ada dan tambah dikit demi sedikit…ingat untuk kebutuhan ac 1/2 PK biasanya tekanan freon antara min 45PSi dan max 60Psi (pada posisi instalasi standard (pipa 5 mtr).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s