Proposal IPTECH

:

Perihal              : Perkenalan dan penawaran

Lampiran          :

Kepada YTH

Bapaak/ Ibu

Di Tempat

Dengan Hormat,

Pertama-tama perkenankan kami dari Inti Pratama Teknik untuk memperkenalkan diri kami kepada bapak/ibu,Untuk membantu mengatasi permasalahan pendingin udara sekaligus mengajukan penawaran yang dapat dijadikan mitra kerja bapak/ibu . Inti Pratama teknik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan Air Conditioner (AC ).Inti Pratama Teknik ( IPTECH) didirikan untuk memberikan layanan yang cepat,tepat serta komitmen tinggi terhadap pelanggan dalam mengatasi permasalahan Air Conditioner.

TENTANG KAMI

Inti Pratama Teknik di bentuk secara resmi setelah melalui perjalanan panjang terlebih dahulu selama 3 (tiga) tahun di bidang Air Conditioner (AC), pangsa pasar pada waktu itu adalah Perorangan atau perumahan.

Pada tahun 2006 Inti Pratama Teknik secara resmi terbentuk dan pangsa pasarnya pun berubah dari rumah-rumah merambah ke perkantoran,Apartemen,Industri,Pabrik dan lainya. Dan tentunya terlebih dahulu kami melakuakan pelatihan/training terhadap para karyawan khususnya terhadap teknisi. Saat ini kami sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan di jabodetabek, baik untuk perawatan,perbaikan maupun pengadaan unit baru.

LATAR BELAKANG

1)      Penggunaan Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Takhanya di kantor,di rumah pun alat ini menjadi penolong utama untuk mengusir udara panas bahkan pada saat ini banyak produk AC yang tidak hanya sebagai pendingin ruangan sekaligus sebagai pembersih udara. Untuk itu perawatan AC atau alat pendingin sangat di perlukan. Walaupun pemeriksaan komponennya di serahkan pada teknisi,tak ada salah nya  anda mengetahui komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus.

Pemeriksaan AC Maintenance pada komponen saringan (filter) Udara setidak nya minimal sebulan sekali. Penyaringan pada (central AC) yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udaradan menjadikan tempat yang nyaman bagi kuman,bakteri maupun  jamur. Bakteri inilah yang akan mengalir kebagian evaporator coil kemudian tersebar keseluruh ruangan (Home AC). Lagi pula komponen pendingin udara ruangan anda yang kotor dapat mempengaruhi kinerja system pendingin (Central AC) menjadi lebih berat,tidak menghasilkan dingin yang maksimal dan boros.

2)      Pastikan alat kondensor (AC Maintenance) yang terletak di luar rumah bersih dari debu,semak-semak dan dedaunan. Tentu saja sebelum anda melakukannya matikan pendingin ruangan anda terlebih dahulu,anda bisa membersihkan debu kondensor dengan menggunakan vacum cleaner.

3)      Untuk amannya, Pendingin ruangan ( Central AC Maintenance) harus mendapat kan perawatan rutin minimal 3 (tga) bulan sekali,untuk itu pemeriksaan secara total dilakukan oleh teknisi yang dapat di percaya dan berpengalaman.Dengan dilakukannya perawatan rutin ini tidak hanya kesehatan anda sekeluarga terjamin, usia pendingin ruangan anda juga lebih panjang dan biaya listrik anda tidak akan membludak di akhir bulan

.

Pedoman pengoperasian

  • Atur suhu ruangan dengan benar.

Sekitar 10% biaya listrik bias di hemat bila Anda mengatur suhunya 1 derajat celcius lebih tinggi( pengoperasi pendinginan) dari suhu yang anda inginkan.

  • Pastikan pintu dan jendela tertutup, jika tidak ingin kinerja pendinginan anda berkurang dan biaya listrik anda boros
  • Bersihkan filter secara berkala, filter udara yang tersumbat akan mempengaruhi aliran udara dan merusak efisiensi pendingin atau pemanasan.Bersihkan sekurang-kuranganya sekali dalam dua minggu,jika tidak maka biaya listrik anda akan bengkak sekitar 6%.
  • Sesuaikan arah udara dengan benar.Mengatur kisi-kisi arah aliran udara saat pengoperasian pendingi akan memberikan efekyang lebih baik.
  • Jagalah tirai dan orden tetap tertutup untuk menghindari sinar matahari langsung. Dengan demikian 5% biaya listrik bias di hemat.
  • Jangan halangi lubang pengeluaran udara pada unit luar ruangan,efesiensi pendingin akan terganggu.
  • Diperlukan perawatan berkala oleh teknisi Inti Pratama Technik yang ahli dan  telah berpengalaman dalam bidang pendingin udara untuk menjaga agar unit penyejuk udara anda senantiasa bekerja baikdan untuk menghemat listrik .
  • Gunakan unit penyejuk ruangan pada kondisi berikut:
DBT: Suhu BulbKering

WBT: Suhu Bulb Basah

DBT

WBT

DBT

WBT

Suhu Maksimum 32 23 43 26
Suhu minimum 21 15 21 15

LINGKUP LAYANAN

Inti Pratama Teknik dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan AC,antara lain services dan maintenance AC,bongkar / pasang AC. Kami pada dasar nya menerima segala permintaan yang berhubungan dengan AC,baik AC Split,AC Central,AC Casset,AC window,AC Portabel,AC Standing dll.

Ruang lingkup kami saat ini

1)      Maintenace Support dan services AC

2)      Pengadaan/Penjualan AC

3)      Penjualan Sperpart AC

4)      Kami juga menjual AC Seken dengan harga yang murah serta berkualitas dan bergaransi

Perusahaan kami juga mendukung kebijakan pemerintah bahwa Indonesia saat ini perlu untuk meningkatkan pengawasan terhadap bahan-bahan perusak ozon ( BPO ). Jadi kami juga tidak  sembarangan dalam memilih Freon yang kami tawarkan.

Maintenance Support & Service

Maintenance Support yaitu system perawatan yang di lakukan secara berkala dengan tujuan agar AC berjalan stabil,dingin,aman dan terhindar dari berbagai masalah yang merogoh kocek anda. Inti Pratama Teknik sebagai perusahaan jasa service dan perdagangan AC dapat memberikan layanan maintenance support untuk AC,dalam hal ini maintenance support Inti Pratama Teknik membagi pekerjaan ini menjadi 2 bagian:

  1. Onsite ( Sesuai Kontrak )
  2. Oncall ( Sesuai Panggilan / Permintaan )

Maksud dan tujuan

Tujuan dari adanya Maintenance support disini adalah untuk membantu bapak / ibu  mengantisipasi masalah seputar AC di rumah anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar senantiasa keluarga anda hidup sehat,nyamandapat meningkatkan performance,efektifitas  dan memungkinkan juga efisiensi biaya.

Di dalam perkembangan dunia usaha saat ini system pendingin (AC) sudah sangat di butuhkan sekali baik bidang pekerjaan yang kecil maupun besar. Semua pihak harus sudah memenuhi tuntutan zaman bagi semua pihak dan segala bidang untuk dapat menggunakan pendingin ruangan sebagai alat bantu pekerjaan yang nyaman dan sehat.

Kontrak kerja

Pekerjaan maintenance Support & Services dilaksanakan berdasar kan kontrak kerja antara Inti Pratama Teknik dengan pihak Customer dengan masa kontrak yang sudah di tentukan sebagai berikut :

1)      Minimal 3 bulan atau 1 tahun ( jangka pendek )

2)      Lebih dari 1 tahun ( jangka panjang )

Waktu Pelaksanaan Kerja

Dalam pelaksanaan maintenance support di lapangan, Inti Pratama Technik akan mengirimkan staff teknisi sebanyak 2 (dua) atau lebih ketempat customer untuk melakukan pekerjaannya. Pekerjaan maintenance support di lakukan pada hari atau tanggal sesuai kontrak atau di sesuaikan dengan waktu yang memungkinkan bagi calon customer ( kecuali hari libur nasional, akan dig anti dengan hari lain). Khusus untuk hari libur nasional, kami hanya melayani kasus-kasus tertentu (jika terdapat masalah).

Pekerjaan maintenance Support berlangsung menjadi 2 bagian sebagai berikut:

1)      Pemeriksaan maintenance pada komponen saringan filter udara dilakukan secara berkala sekurang kurang nya 2 minggu sekali setiap tahunnya ( sesuai kontarak kerja )

2)      Pemeriksaan maintenance pada unit indoor dan out door secara keseluruhan, dilakukan berkala 3 bulan sekali dalam 1 tahun, yang meliputi :

a)      Membersihkan casing Unit indoor ( ini di maksudkan agar gril udara masuk dan saluran masuk tidak terhambat oleh kotoran debu, unit terlihat slalu bersih,dan nyaman di pandang mata )

b)      Membersihkan filter,bilah pengarah udara horizontal,bilah udara vertical,lubang udara keluar dan kipas ( ini di maksudkan agar udara yang keluar tidak terhambat,menjadikan udara yang di hasilkan pendingin ruangan anda bersih,sehat dan menghemat biaya listrik rumah atau kantor anda )

c)      Membersihkan casing unit Out door,fan,pemeriksaan maupun pengukuran amper kom presor dan volume Psi Freon ( ini di maksudkan agar kompresor dan dingin yang dihasil alat pendingin anda terkontrol dan lebih panjang pemakaiannya)

Banyak nya kunjungan di tentukan sesuai kontrak kerja yang di sepakati .

Dokumentasi  kerja

Dalam melaksanakan pekerjaan maintenance staff teknisi wajib membawa surat tugas ( Work Order ), dan setelah melakukan pekerjaan wajib mendokumentasikan hasil kerjaan tersebut ke kantor untuk memperoleh catatan secara lengkap mengenai data costamer.

Our Costamer

Saat ini telah ada beberapa perusahaan yang telah menggunakan jasa layanan kami baik govermen (pemerintahan) maupun komersial antara lain:

1).        Departemen Agama

2).        Departemen Pariwisata ( KOMINFO )

3).        Departemen Perhubungan

4).        Departemen Perindustrian dan Perdagangan

5).        Badan Pengawas  Pemilu BANWASLU

6)         Dewan Perwakilan Pusat GOLKAR ( DPP GOLKAR )

7).        PT Esa Mandiri Teknologi

8).        PT Linka Data

9).        PT Cahaya Kristal Media Utama

10).      PT.Fatrus Konsultan Indonesia

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas,kami yakin perusahaan bapak/ibu dapat bergerak maju dan berkembang dengan pesat. Hal ini di karenakan personil-personil kami yang tergabung dalam Inti Pratama Technik memiliki keahlian yang bersertifikasi dalam mendukung pekerjaan ini-pekerjaan kami.

Untuk itu izinkanlah kami Inti Pratama Technik mengajukan penawaran seperti hal-hal yang tersebut di atas untuk dapat di jadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Demikian hal yang dapat kami sampaikan,sambil menunggu informasi bapak/ibulbih lanjut. Bsar harapan kami, agar bapak/ibu dapat bekerjasama dengan kami untuk memenuhi kebutuhan perusahaan bapak/ibu.

Akhir kata atas perhatian,bantuan dan kerjasa yang baik dengan segala kerendahan hati kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami

Inti Pratama Teknik

DAFTAR HARGA

NO KETERANGAN HARGA SATUAN
1 Services AC Split / Per unit Rp. 50,000
2 Services AC Portable / Per unit Rp. 50,000
3 Services AC Standing / Per unit Rp. 200,000
4 Services AC Window / Per unit Rp. 50,000
5 Services AC Casset / Per unit Rp. 200,000
6 Services AC Down Floor / Per PK Rp. 100,000
7 Services AC Central / Per PK Rp. 100,000
8 Ongkos Bongkar / Pasang AC Split / Per unit Rp. 300,000
9 Ongkos Pasang AC split / Per unit Rp. 150,000
10 Tambah Freon AC Split / Per unit Rp. 80,000
11 Ongkos Instalasi AC portable / Per unit Rp. 120,000
12 Tambah Freon AC Portable / Per unit Rp. 80,000
13 Isi Freon AC Standing / Per PK Rp. 80,000
14 Tambah Freon AC Standing / Per PK Rp. 60,000
15 Ongkos Instalasi dan Pemasangan AC Standing / Per PK Rp. 70,000
16 Tambah Freon AC Window Rp. 80,000
17 Isi Freon AC Casset / Per PK Rp. 80,000
18 Tambah Freon AC Casset / Per PK Rp. 60,000
19 Ongkos Pasang AC Casset / per  PK Rp. 110,000
20 Tambah Freon AC Down Floor / Per PK Rp. 120,000
21 Isi Freon AC Central/ PK Rp. 120,000
22 Tambah AC Central / PK Rp. 80,000

SISTEM KERJA AC SENTRAL RUANGAN

Pada unit pendingin atau Chiller yang menganut system kompresi uap, komponenya terdiri dari kompresor,Kondensor,Alat ekspansi dan evaparotor.Pada Chiller biasanya type kondensornya adalah water-cooled condenser. Air untuk mendinginkan kondensor di alirkan melalui pipa yang kemudian outputnya didinginkan kembali secara evaporative cooling pada cooling tower.

Pada komponen evaporator dialirkan menuju sytem penanganan Udara ( AHU )menuju koil pendingin.

Jika kita perhatikan komponen-komponen apa saja yang ada didalamnya, maka setiap AHU akan memiliki:

FILTER

Filter merupakan penyaring udara dari kotoran,debu, atau partikel-partikel lainya sehingga di harapkan udara yang di hasilkan lebih bersih,filter ini di bedakan berdasarkan kelasnya.

CENTRIFUGAL FAN

Centrifugal fan merupakan kipas/blower. Centrifulgan berfungsi untuk mendistribusikan udara melalui ducting menuju ruangan-ruangan.

Koil Pendingin

Koil Pendingin merupakan kompunen yang berfungsi mengatur temperature udara.

Prinsip kerja secara sederhana pada unut penanganan udara ini adalah menyedot udara dari ruangan (return Air) yang kemudian di campur dengan udara segar dari linkungan ( Fres Air ) dengan komposisi yang di ubah-ubah sesuai keinginan. Campuran udar itu masuk melalui AHU melalui filter, fan sentrifugan dan coil pendingin. Setelah itu udura yang telah melalui penurunan temperature didistribusikan secara merata kesetiap ruangan melewati saluran udara ( ducting ) yang telah dirancang terlebih dahulu sehingga lokasih terjauhpun terjangkau. Beberapa kelemahan sytem ini adalah jika salah satu komponen mengalami kerusakan dan sytem sentral tidak hidup maka tidak merasakan udara sejuk.

Selain itu jika temperatur udara terlalu rendah atau dingin maka pengturannya harus melalui thermostat di komponen Coil pada komponen AHU.

Jadi……..

Dari penjelasan diatas,jelas sytem AC sentral sangat berbeda dengan AC Split baik dari segi fungsi maupun dari segi Instalasi.Istilah System  AC( sentral) di peruntukan untuk instalasi AC di satu gedung yang tidak memiliki pengaturan suhu sendiri-sendiri ( missal peruang-ruangan ). Dengan AC sentral yang bias dilakukan Cuma mengecilkan dan membsarkan lubang untuk tempat hawa diningi AC masuk ruangan.

System AC Sentral merupakan suatu system AC di mana proses pendinginan udara terpusat pada satu lokasi kemudian di distribusikan / di alirkan kesemua arah atau lokasi ( satu outdoor dengan beberapa indoor ). Sistem ini memiliki beberapa komponen utama yaitu unit chiler,  Unit pengatur udara atu air handling unit ( AHU ), cooling tower,system pemipaan,sytem saluran udara atau ducting,dan system control & kelistrikan. Berikut adalah komponen,cara kerja aaaac ruang sentral dan prventif maintenance ac sentral ruangan.

Komponen A C sentral Ruangan

  1. Chiler Unit pendingin.

Chiler adalah mesin refregerasi yang berfungsi untuk mendinginkan air pada sisi evapatornya, Air dingin yang di hasilkan selanjutnya di distribusikan kemesin penukar kalor ( FCU/ Fan Coil Unit ).

Jenis chiler di bedakan pada jenis kompresor nya.

  1. Recipprocating
  2. Serew
  3. Centri fugal

Jenis chiler didasarkan pada jenis cara pendinginan kondensornya :

a)      Air cooler

b)      Water Cooler

2. AHU ( Air Handling Unit )

AHU adalah mesin penukar kalor, dimana udara panas dari ruang di hembuskan melewati coil pendingin di dalam AHU sehingga menjadi udara dingin yang selanjutnya didistribusikan keruangan.

3. COOLING TOWER ( khusus untuk chiller jenis water Cooler ).

Adalah suatu mesin yang berfungsi untuk mendingin kan air yang di pakai pendinginan condesor chiker dengan cara melewat air panas pada filament di dalam cooling tower yang di hembuskan oleh udara sekitar dengan blower yang suhunya lebih rendah.

4. POMPA SIRKULASI

Ada dua jnis pompa sirkulasi, yaitu :

a)      Pompa sirkulasi air dingin (chilled water pump) berfungsi untuk mensirkulasi air dingin dari chiller ke koil pendingin AHU /  FCU.

b)      Pompa sirkulasi Air pendingin (Condenser Wareter Pump )

Pompa ini hanya untuk Chileer jenis water Cooled dan berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dari kondensor Chiler ke Cooling Tower dan seterusnya.

Cara memilih dan menghitung AC untuk ruangan.

Dalam memilih AC untuk ruangan ada 3 faktor yang  mesti di perhatikan yakni daya pendinginan AC, yaitu :

BTU atau British Thermal Unit per/hour

Daya listrik

PK ( pard krach) ,Pk adalah satuan daya kompresor

Sebelum menghitung kita mesti konversi kan. PK-BTU

Contoh

1 pk  = 9.000 – 10.000 BTU/h

1 m2 = 600 BTU/h

3 m = 10 kaki

1 m = 3.33 kaki

Daya pendingin AC berdasarkan PK

AC ½ PK = 5.000 BTU/h

AC ¾ PK = 7.000 BTU/h

AC 1PK = 9.000 BTU/h

AC 1,5 PK = 12.000 BTU/h

AC 2 PK = 18.000 BTU/h

Cara menghitung dengan rumus

( Panjang x Tinggi x Nilai ruang dalam feet x Lebar ruangan x Nilai dinding terpanjang ) /60

Nilai ruang dalam feet = Nilai 10 jika ruang berinsulasi ( ruang di baseman/ berhimpitan dengan ruang lain), nilai 18 jika ruang tidak berimsulasi atau dilantai atas.

Nilai dinding terpanjang menghadap utara 16,menghadap ketimur 17,menghadap selatan 18, dan nilai 20 jika menghadap kebarat.

7 thoughts on “Proposal IPTECH

  1. Pak ,mohon saran saya Menggunakan AC SANDEN 2PK Indornya terpasang diplafon , bagai mana cara membersihkan saringan udaranya dan dimana posisinya?, kala AC split sya udh paham, trims

  2. pak sepertinya peluang maintenance ac utk kota medan bagus pak.sekarang ini saya buka usaha service ac dan perbaikan utk dirumah-rumah.gimana kalo bapak buka dimedan.dengan memakai perusahaan bapak dan peralatan ac dari saya terus kita bagi hasil.soalnya saya sudah sudah 5kali ditawari maintenance ac tapi gagal karena ngak berpengalaman dan tak ada kantor dan CV nya.ini no hp saya 082368232333

  3. Kepada Yth.
    Pimpinan Perusahaan / Div. Finance
    Di Tempat
    Dengan Hormat,
    Kami dari PT. TEGAR MANDIRI BERSAUDARA ( Akte Pendirian No:78 ) Perusahaan kami telah resmi di tunjuk untuk memasarkan produk Surety Bond & Bank Garansi tanpa agunan. Dengan sertifikat ke agenan No: ASK–00045.11.03.14, Adapun Bank Garansi / Asuransi yang kami tawarkan tanpa agunan ( N0n Collatral), polis jaminan kami antar.

    Jenis Jaminan yg Kami Tawarkan ( BG/ ASURANSI)
    Jaminan Penawaran
    Jaminan Pelaksanaan
    Jaminan Uang Muka (DP)
    Jaminan Pemeliharaan

    Hormat Saya.

    Fitra Yadi
    0852 8099 6951 / 0857 7109 9916
    fitratmb@gmail.com

    PT. TEGAR MANDIRI BERSAUDARA
    Jl. Arjuna III No.30, Utan Kayu Selatan, Matraman Jakarta Timur
    Telp. 021. 8590 8022 Fax. 021. 8590 7982
    Email. tegarmandiri489@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s