Mengenal AC VRV DAIKIN


Beberapa kemajuan teknologi dibidang penyejuk udara antara lain adalah sistem split VRV. Vrv adalah kependekan dari Variable Refrigerant Volume. Pengertian dari variable disini adalah tidak konstan atau tetap karena volume yg bersikulasi di dalam pipa tembaga akan selalu berubah tekanannya tergantung dari kebutuhan pendinginannya. Ada banyak perbedaan mendasar dari sistem pendahulunya yaitu ac split diantarannya adalah sistem pemipaan, kompressor dan instalasi di lapangan. Dari segi biaya ac type VRV sangat jauh berbeda dengan ac split biasa jauh lebih mahal salah satu faktor yang membuat ac VRV lebih mahal adalah sistem kerja kompresor dan sistem pemipaannya. Beberapa pertimbangan bila ingin memutuskan menggunakan type VRV diantaranya.

1. Dari segi lokasi indoor dan outdoor. Jika lokasi tidak memungkinkan untuk menggukanan ac split biasa alangkah baiknya menggunakan type vrv.

2. Dari segi efisiensi volume ruangan. Jika ruang yang tersedia untuk penempatan outdor yang dirasa kurang type vrv adalah solusi yang bijak.

3. Dari segi maintenance atau perawatan. Ac type vrv akan lebih mudah untuk perawatan karna sistemnya yang sentralisasi.

Tiga poin di atas adalah sebagian dari keuntungan menggunakan sistem ac vrv tetapi sitem ac type ini juga memili beberapa kekurangan diantarannya :

1. Investasi yang sangat mahal di bandingkan menggunakan ac split

2. Instalasi yang rumit terutama sistem pipa refrigerant.

3. Suara yang dihasilkan dari outdoor unit akan lebih besar karna memiliki kapasitas kompresor besar.

Beberapa hal yang harus di berikan perhatian khusus dalam mendesign sistem ac vrv adalah sistem pemipaan karna instalasi pipa refrigerant menuju ke semua indor unit dengan berbagai macam type. Beberapa merk ac vrv memiliki metode yang berbeda dalam menentukan diamete pipa refrigerant untuk gas maupun liquid. Saya ambil contoh adalah merk pelopor pertama ac ini adalah daikin. Daikin memiliki tabel yang menentukan range diameter ukuran untuk pipa refrigerant sesuai dengan kebutuhan ac nya. Setiap percabangan harus menggunakan refnet joint sebagai shock ataupun cabangan pembagi. Dari tiap tiap beban ac yang ada sangat berpengaruh untuk menentukan kapasitas total outdoor unitnya. Jarak antara indoor dan outdoor juga sangat mempengaruhi kinerja dari sistem ac ini. Demikian penjabaran singkat tentang ac VRV ( Variable Refrigerant Volume )
AC DAIKIN VRV system
Untuk AC DAIKIN VRV System, Daikin memakai teknologi inverter pada AC tipe Variable Refrigerant Volume (VRV) yang biasa digunakan di gedung bertingkat. Daikin VRV adalah suatu teknologi pengaturan kapasitas AC dari Daikin yang memiliki kemampuan untuk mencegah pendinginan yang berlebih, sehingga dapat menghemat listrik. Tak hanya menghemat listrik, Daikin VRV memiliki tingkat kebisingan yang rendah, hemat tempat, dan dapat menggunakan satu outdoor unit untuk beberapa indoor unit, serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi.

Daikin VRV III adalah produk Daikin VRV terbaru saat ini, yang merupakan produk AC tercanggih dan terhemat. Produk ini diluncurkan di Indonesia pada tahun 2008. Daikin VRV III merupakan produk AC yang hemat listrik, sampai dengan 50% dari AC konvensional. Berbeda dengan pendahulunya, freon pada Daikin VRV III sudah menggunakan tipe R-410A yang ozone free, sehingga produk ini sangat ramah terhadap lingkungan, tidak seperti AC konvensional yang dapat merusak ozon.
Fitur dari AC DAIKIN VRV III
AC DAIKIN VRV III dirancang untuk ruangan berukuran besar pada gedung bertingkat, dengan memiliki beberapa fitur diantaranya:
1. Memiliki kapasitas yang besar untuk ruangan yang besar pula, dimana:
Outdoor unit dengan kapasitas sampai dengan 54 PK / Dua jenis unit luar kombinasi
Luas jangkauan unit indoor / terhubung hingga 64 unit indoor
Panjang pipa panjang / Tingkat perbedaan
Tinggi tekanan statis eksternal
2. Instalasi dan Maintenance AC yang cukup mudah.
VRV merupakan singkatan dari Variable Refrigerant Volume yang artinya sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. VRV system adalah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Sentral, AC Split, atau AC Split Duct. Jadi dengan VRV System, satu outdoor bisa digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC.

vrv-daikin
dari berbagi sumber

One thought on “Mengenal AC VRV DAIKIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s