TEHNIK PEMASANGAN ac split


AC Split


Kami akan memberikan sedikit pengetahuan tentang AC Split ini .

Dewasa ini ada berbagai ukuran untuk menentukan jenis jenis AC Split.
Biasanya dia berkisar antara 0.5 pk sampai dengan 2,5 pk.
1 pk = 750 watt = 9000 / 10000 btu.
Itu adalah konversi standart yang pernah ada , namun tehnologi sekarang lebih memungkinkan untuk memperkecil daya yang dibutuhkan yaitu dengan menambahkan inverter pada compressor.

Tehnik menghitung kapasitas AC ini pun ada bermacam macam. Dan salah satunya ingin kami berikan disini .

Misalnya kita mempunyai sebuah ruangan dengan Lebar = 4 mtr Panjang= 8 meter dan tinggi atap ruangan adalah 3,5 meter. Sedangkan idealnya adalah 200 btu/m3. Maka kita dapat menghitungnya yaitu P x L x T x 200.
Maka 4 x 8 x 3,5 x 200 = 22400 btu . Untuk mendinginkan ruangan itu berarti kita harus memasang AC Split dengan kapasitas 2,5 pk. Boleh 2 unit , yang 1 pk dan 1,5 pk ataupun boleh juga 1 pk , 1 pk dan 0,5 pk itu semua tergantung dengan tipe ruangan dan kemampuan menyebarkan udara agar lebih merata.

A. TEHNIK PEMASANGAN

Kita harus menentukan dimana nantinya unit indoor dan outdoor akan dipasang. Dan perlu diperhatikan bahwa indoor sebaiknya jangan diletakkan di atas jendela , diatas pintu ataupun berdekatan dengan sistem ventilasi atau exhaust fan / air intake , karena perbedaan suhu yang terjadi akan mengakibatkan kondensasi pada casing unit sehingga air akan menetes kebawah.

Juga untuk posisi outdoor disarankan memilih lokasi terdekat dan dengan ketinggian yang bisa kita capai agar mempermudah dalam kita melakukan maintenance nantinya.
Perlu diingat bahwa ketentuan maksimal untuk panjang pipa cooper yang diijinkan oleh sistem AC Split adalah 15 meter.

Setelah indoor dan outdoor kita pasang , maka yang perlu kita perhatikan adalah mengenai size cable power dan stopkontak yang terpasang . Untuk lebih aman , maka disini kami sarankan untuk selalu memakai cable dengan size 2,5 mm dan stop kontak antara 13 Amp sampai dengan 15 Amp . Mengapa..? Karena untuk mengantisipasi running start compressor yang tinggi.Agar tidak menimbulkan percikan api ,pemanasan cable ataupun putus fuse yang mengakibatkan unit gagal beroperasi.

Pastikan posisi indoor tidak miring ke kiri ataupun kekanan , karena air drain akan jatuh keluar tidak maksimal masuk ke lubang drainnya ( gunakan water pass / alat rata air ).Pastikan juga sambungan neple ataupun pengelasan tidak mengalami kebocoran yaitu dengan mencoba di press dengan freon ataupun bisa juga dengan tehnik pem vacuum an.

Hubungkan selang sisi rendah ke lubang pentil discharge pada unit outdoor dan selang pengisian freon kita hubungkan dengan pompa vacuum lalu mulailah mem vacuum , amati analiser sampai pada titik 30 cmHg , lalu tutup valve analiser dan matikan pompa vaccuum. Amati pergerakan jarum pada analiser , apabila dalam waktu 15 menit posisinya masih pada semula maka bisa dipastikan bahwa udara benar benar vacuum dan tidak ada kebocoran , namun apabila jarum analiser kembali ke arah mendekati 0 cmHg maka sistem pipa masih ada kebocoran dan perlu dilakukan perbaikan kembali.
Ulangi hal tersebut sampai sistem benar benar vacuum dan tidak terdapat kebocoran.

Selanjutnya bukalah baut kedua valve dengan menggunakan baut type L maka jarum pada analiser akan bergerak naik sampai pada angka 200 psi bahkan bisa lebih.Hidupkan unit indoor , apabila outdoor sudah hidup maka lakukanlah pengecheckan ampere dengan menggunakan tang amper dan pastikan posisi jarum analiser pada posisi 60 psi sampai dengan 80 psi. Apabila tekanan dibawah 60 psi maka lakukanlah penambahan freon sampai didapat tekanan yang standart antara 60 psi s/d 80 psi.

B. TROUBLE SHOOTING

Ada bermacam masalah yang menyebabkan AC tidak bisa dingin.

1. Indoor hidup dan mengeluarkan angin , namun angin yang keluar tidak dingin.
Coba cek pada bagian outdoor , mesin hidup apa tidak , kalau tidak hidup maka pakailah testpen untuk memastikan apakah ada arus kontak dari unit indoor. Apabila tidak ada maka lakukanlah perbaikan pada PCB Indoor , khususnya pada relay kontaknya, atau periksa setting remote yang dipakai.
Apabila arus kontak sudah ada namun indoor tidak hidup juga , maka periksalah contactor dan capasitor fan / compressor apakah masih berfungsi dengan baik atau nggak dan lakukan pergantian jika dianggap perlu.
Apabila semua sudah dilakukan namun compressor tidak mau jalan juga , maka lepaslah kabel penghubung pada terminal compressor dan lakukan pengujian hambatan lilitan motor compressor dengan multitester ataupun tang ampere. Apabila dijumpai hambatan yang besar maka compressor bisa dinyatakan rusak ( overheat/overload ) ataupun bisa juga malah short body, maka lakukan penggantian compressor baru.

2. Evaporator indoor ice blocking hebat.
Biasanya itu terjadi akibat :
1. Kekurangan freon.
2. Fan blower indoor tidak berputar.
Langkah yang diambil :
1. Periksa untuk kemungkinan adanya kebocoran freon.
2. Tambahkan freon jika sudah tidak didapati kebocoran sambil kencang
baut baut pada neplenya.
3. Periksa dan lakukan pengujian tester pada lilitan motor fan indoor.
Apabila ada yang rusak/putus maka segera lakukan penggantian.
4. Periksa dan lakukan penggantian pada cpasitor fan indoor.

3. Compressor berisik dan indoor tidak dingin.
Biasanya itu terjadi akibat :
1. Terlalu banyak freon yang masuk.
2. Adanya penyumbatan pada filter dryer ataupun pipa kapiler.
3. Kumparan motor compressor sudah rusak.
4. Baut pada kaki kaki compressor longgar atau karet kaki sudah rusak.
Langkah yang harus diambil :
1. Kurangi freon sampai pada tekanan standart 60 s/d 80 psi.
2. Ganti filter dan kapiler lalu lakukan pemvacuuman dan penggantian
freon baru dan apabila diperlukan lakukan penggantian oli compressor
dengan memakai oli jenis mineral oil.
3. Ganti compressor yang sesuai.
4. Kencangkan baut atau lakukan penggantian karet karet pada kaki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s