Analisis Kerusakan YANG TERJADI PADA KOMPONEN Chasis dan Pemindah Daya MOBIL di PT Astra International Daihatsu Tbk Surakarta


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui komponen chasis dan pemindah daya yang sering mengalami permasalahan/kerusakan, (2) Mengetahui jenis-jenis kerusakan dan hal-hal yang menyebabkan kerusakan tersebut,(3) mengetahui jenis kerusakan yang paling dominan dalam komponen tersebut, (4) mengetahui cara mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan ini dimaksudkan sebagai informasi dalam pelayanan servis komponen chasis dan pemindah daya pada mobil.

Bentuk penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan prosedur pemecahan masalah dengan menggambarkan atau melukiskan fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Populasi dan sampel diambil dari PT Astra International daihatsu Tbk dengan mobil yang masuk dalam satu bulan sejumlah 55 buah. Teknik analisis yang digunakan dengan deskriptif dan analisis matematik yaitu teknik analisis ratio.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: chasis dan pemindah daya mobil yang terdiri dari berbagai komponen tersebut ternyata memiliki tingkat kerusakan yang berbeda. Tingkat kerusakan yang tertinggi terdapat di sistem roda dan FWA. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang tinggi dibandingkan dengan komponen yang lain yaitu 27.27 %. Dan lebih spesifik kerusakannya pada permukaan ban aus tidak rata dengan persentase 40.00 %. Sedangkan pemecahan masalah dari kasus ini dengan cara melakukan spooring.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s