Inovasi Air Purifier


Inovasi Air Purifier

Penjernih udara masih belum populer di Indonesia.
Sharp belum lama ini meluncurkan line up terbaru produk penjernih udara, (air purifier). Produk ini diberi nama Kireion, yang dalam bahasa Jepang artinya, Ion Cantik. Pada produknya kali ini, Sharp menggunakan Ion Plasmacluster generasi ke enam yang diperkuat dengan fungsi moisturizer yang mampu menjaga kelembaban udara tetap dalam kadar normal yaitu 50-60 persen. Kondisi ini tak hanya dapat menurunkan aktivitas virus namun juga menjaga kesehatan penggunanya karena tak membuat kulit dan tenggorokan menjadi kering.
Sharp memperbaiki teknik penyebaran udara. Ini terlihat dari desain produk yang memiliki sudut kemiringan 20 derajat pada bagian atasnya. Bentuk ini diklaim dapat membuat fungsi air purifier menjadi lebih efektif. Karena dapat menyemprotkan udara lebih maksimal ke seluruh ruangan tanpa ada satu sudut pun yang luput. Karena itu, produk ini harus ditempatkan minimal 10 cm dari dinding, sehingga udara yang disemprotkan akan terpantul dengan baik ke seluruh ruangan. Kualitas udara juga dapat dikontrol melalui bersih, kuning agak kotor, dan merah udara kotor.
Tak berhenti di situ saja, Sharp juga meningkatkan daya hisap debunya hingga dua kali lipat lebih besar disertai dengan kemampuan menyaring udara dan membasmi virus, bakteri dan penyebab alergi. Selain itu, Sharp juga mengklaim produknya ini 3,5 kali lebih kuat menghilangkan listrik statis dan tiga kali lebih kuat menghilangkan bau-bauan. Sistem penyaringan yang berlapis-lapis, melalui pre-filter, washable deodorizing filter, antimicrobial HEPA filter dan Mist Filter.
”Kireion menghasilkan ion Plasmacluster dan molekul air dalam jumlah banyak, sehingga memperpanjang umur ion menjadi dua kali lebih panjang. Sehingga sangat efektif melawan bau, tak hanya di udara namun juga bau yang menempel pada serat bahan. Gabungan ion plasmacluster dan molekul air ampuh juga melawan virus dan efek listrik statis,” ungkap Produk Marketing Air Purifier Sharp Electronics Indonesia (SEID), Mariana Tjahyana.
Kireion tersedia dalam tiga tipe untuk kapasitas ruangan 27 m2, 40 m2 dan 56 m2. Dua tipe terakhir memiliki double ion generator dan pilihan warna yang lebih beragam (putih dan cream).. Berbeda dengan Sharp, Panasonic memiliki strategi pemasaran yang berbeda. Panasonic menggabungkan fungsi AC dan Air Purifier dalam satu produk bernama AC Panasonic Envio. Sehingga tak hanya mendinginkan namun juga dapat memurnikan udara yang ada di ruangan. Fungsi ini dapat digunakan secara bersama-sama maupun terpisah. Panasonic menggunakan teknologi e-ion, sistem pemurni udara dengan patrol sensor baru.
Seperti House dust monitor Sharp, Patrol sensor mendeteksi kondisi udara dengan indikasi warna. Warna ini juga menunjukkan bahwa AC sedang bekerja mulai dari memonitor udara kotor (biru), mendeteksinya dan mulai melakukan pemurnian udara (merah), hingga membersihkan udara (kuning).
Saat berwarna merah, patrol sensor akan segera mengaktifkan pemurni udara e-ion dan mengeluarkan sekitar 3 triliun e-ion negatif. Jumlah ini 10 persen lebih baik dibandingkan produk sebelumnya. e-ion diklaim mampu melumpuhkan lebih dari 99 persen bakteri dan jamur yang ada di udara, mengumpulkan debu 5,5 kali lebih cepat dan efisien. Filter e-ion yang lebih besar dan rapat, mampu menangkap partikel pencemar udara di sekitar ruangan dan memurnikannya. Udara yang dapat dideteksi dan dimurnikan mulai dari asap rokok, bau hewan peliharaan, keringat dan bau, asap makanan hingga bau sampah.
Pemain lain yang terjun ke pasar Air Purifier adalah Samsung. Raksasa asal Korea ini mempunyai air purifier tipe ACW 340 F yang menerapkan teknologi Silver Nano dan mempunyai 11 tahapan pemurnian udara dengan filter Hepa ganda. Sebagaimana produk Samsung yang lain, pada penjernih udara ini juga dibenamkan teknologi silver nano yang memiliki kemampuan membunug kuman penyebab penyakit, jamur dan lebih dari 650 jenis bakteri. Pada produk ini, Samsung juga menambahkan filter lain seperti VOCs, HCHO dan filter Allergen. Air Purifier berdimensi 402x579x250 mm tersebut, didesain untuk ruangan seluas 34 m2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s