cara mengatasi dan merawat ac split

 

Kerusakan-kerusakan yg terjadi pada ac split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yg berukuran 1/4 yg menyambung kebagian outdoor unit.
selain kebocoran freon masih ada lagi kerusakan-kerusakan yg lainnya.
mengapa ac split tidak mau dingin???

1. cek pd remote control, apa posisi operation mode berada pd posisi cool? bila tidak pd posisi cool, pindahkan pd posisi cool.

2. cek pd remote control, apa posisi pengaturan suhu terlalu tinggi? bila terlalu tinggi, turunkan pada suhu yg terkecil.

3. cek outdoor unit, apakah dapat power supply dari indoor unit? anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak?bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.

4. cek pd outdoor unit, apa pipa ac yg berukuran kecil mengeluarkan salju/es? jika mengeluarkan salju/es berarti unit ac ada kebocoran freon.cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali.

5. cek pd outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur amper compressor.
nilai amper compressor yg normal dapat anda lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit.
tekanan freon yg normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pd unit ac, adalah 75 psi (jika compressor dapat beroperasi) namun jika compressor tidak dapat beroperasi tekanan freon bila di ukur dengan manifold adalah 150 psi.
jika fan motor outdoor beroperasi, tetapi compressor tdk dapat start berarti ada kerusakan pada bagian compressor sbb:

-mekanik pd compressor rusak, ini dapat menyebabkan compressor macet/tidak dapat beroperasi.

- overload pd compressor rusak.

- running capasitor rusak.

- kabel-kabel yg menuju ke compressor terputus/terbakar.

- gulungan dinamo pd motor compressor sudah tidak bagus.ini dapat ditandai dengan amper yg begitu tinggi/diatas batas normal.

6. ac split mati total???

solusinya adalah:
yg harus anda periksa pertama kali adalah, mcb yg berada pada box pembagian listrik.

-periksa apa ada mcb yg khusus buat power supply ac turun? bila ada yg turun segera naikan kembali.

-periksa sikring yg ada pada steker dan komponen pcb ac anda, bila putus ganti dengan sikring yg baru.

-periksa juga trafo power supply yg berada pada komponen pcb, apakah berfungsi dengan baik.

bila mcb untuk power ac sudah dinaikan, sikring pada steker dan sikring yg ada pada komponen pcb sudah diganti dengan sikring yg baru.
lalu ac split kembali dioperasikan, tetapi tidak lama kemudian mcb turun lagi berarti:
ada korsleting pada ac split anda, biasanya yg korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body.
atau mcb yg anda gunakan untuk power supply ac split anda terlalu kecil nilai ampernya.

7. sewaktu ac split dioperasikan, lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip, ini menandakan thermis yg ada pada komponen pcb rusak.
solusinya adalah:
ganti thermis dengan yg baru(thermis penempatannya ada dievaporator yg kabelnya berwarna hitam yg dihubungkan ke komponen pcb)

8. ketika ac split dioperasikan dengan remote control, ac tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yg berada pada indoor unit, ac split mau start.
solusinya adalah:
cek sensor yg berada pada bagian komponen pcb, mungkin terkena air.
keringkan sensor dengan cara mengelapnya, periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah.
cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.

9. ketika ac split dioperasikan, fan motor pada indoor berputar kencang lalu berhenti tidak beroperasi sama sekali.
kerusakan ada pada fan motor indoor, ganti fan motor indoor dengan yg baru.

10. ketika ac split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(ac split dalam kondisi normal/dingin)
talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac dengan mesin steam.
pada ac split yg menggunakan evaporator leter L, berarti mempunyai dua talang air yaitu diatas yg menyatu pada body indoor unit dan satunya berada dibawah yg bisa anda lepaskan dari indoor unit.
bila talang air yg dibagian bawah sudah dibersihkan tetapi yg atas tidak dibersihkan kebocoran air masih saja tetap terjadi.

11. ketika ac split dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 150 derajat.
solusinya adalah:

-cek amper compressor dengan tang amper
-periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik.
-periksa oli yg ada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
-ganti strainer dan pipa kapilernya yg mungkin sudah tersumbat.
-bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
-buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.

12. ketika ac split dioperasikan dan sewaktu indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit, compressor berbunyi kencang dan ac split tidak mengeluarkan dingin.
solusinya adalah:

-cek running capasitor, bila rusak ganti dengan yg baru.
-bila running capasitor dalam kondisi baik, berarti compressor mengalami kemacetan pada mekanik compressornya dan anda harus mengganti compressor dengan yg baru apabila cara dibawah ini tidak berhasil memutar mekanik compressor.

tips mengatasi compressor macet

-pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor.
-balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yg berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula.
-masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start.
-pukul dengan martil pada bagian mekanik compressor.
-naikkan tegangan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor

18 Balasan ke cara mengatasi dan merawat ac split

  1. maman berkata:

    halo pmpnan yg terhormat …… bgai mn cr nya memper baiki ac rusak . cnth nya ; ac sudh sy cuci bersih , tp di bagian pipa besar nya slalu ada bunga es nya . pdhal kondisi ac sdh brsh luar dlm . preon nya jg normal , itu ter jd pd ac standing plour . trmksh . by maman R

  2. hasir berkata:

    apakah semua kompressor memakai overload

  3. roni berkata:

    pak saya mau tanya, saya baru beli AC panasonic 1,5 PK skitar 2 tahunan., nah baru beberapa minggu ini AC saya dinginya kurang nyes(AC sy perawatan cuci rutin), lalu saya panggil teknisi AC, nah dibagian outdoor pipa yg besar ada bunga ES, kata teknisi kurang freon lalu ditambah freonnya, tapi AC tetap kurang nyes, besoknya saya panggil teknisi katanya harus overhol kompresor, tapi setelah beberapa hari kondisi masih sama, trus saya disarankan ganti mesinnya (padahal sudah menghabiskan dana lebih dari 500rb tapi AC belum dingin), sblumnya saya putuskan ganti mesin saya cek dan tanya teknisi kondisi mesin saya,
    kompresor dan kipas mesin jalan, freon 80, arus 5 A,
    trus pipa AC sudah tidak ada bunga ES(cuma pipa yg besar lebih dingin dari pipa yg kecil)
    pak tikno, apakah saya harus ganti mesinnya…terima kasih

  4. felix berkata:

    untuk pak roni, wuaaah itu sama dengan saya…, itu modusnya tukang ac untuk merongrong atau merogoh kantong kita hingga sampai ganti mesin malah sampai jual unit ac china yg dimodifikasi, AC kita yg bagus tdnya gak ada apa2 diambil or dibarter…. wualaah itu sieh modus klasik tukang ac….., saran saya ganti terus tukang ac…, jgn yg itu2 aja.. bisa2 dibodohi kita oleh ,mereka

  5. to2k berkata:

    tlg dong solusinya klo problem ac merk panasonic khususnya casette klo problemnya out door unit PCB(noise filter) fault or conector ,maaf soalnya akunya klo bhs asing gak ngerti tq buanget kawan…….

  6. hamdi berkata:

    asslmkum gan. ac sy merk lg 3/4 pk, di sensor indor nya mati hidup2. bs normal sebentar krg lbh 1 menit trs ngaco lg.

  7. yamiee berkata:

    halo pmpnan yg terhormat …… bgai mn cr nya mengatasi ac yg krg dingin . cnth nya ; ac sudh sy cuci bersih , tp di bagian pipa besar nya slalu ada bunga es nya . pdhal kondisi ac sdh brsh luar dlm . preon nya jg normal , itu ter jd pd ac panasonic 1/2 pk

  8. narsih berkata:

    AC saya merek carrier (KW 2 nya Toshiba kata penjualnya), outdoor nya kipasnya berputar terus meskipun AC saya matikan, beberapa hari lalu sudah diservice dan modulnya sudah diganti, AC beroperasi normal lagi, tapi seminggu kemudian rusak lagi dengan kasus yang sama, kira-kira sebetulnya apanya yang rusak ya, apakah bisa menyebabkan AC meledak, tks infonya saya tunggu

  9. Tatang Suratman berkata:

    AC saya merek Toshiba 1 PK. Awal masalah lampu indicator indoor(warna hijau) kedap-kedip dan ac tidak dingin karena kompresor dan outdoor fan on kira2 5 menit lalu off kira2 3,5 menit dan on lagi 5 menit dan off lagi 3,5 menit , demikian seterusnya walau remote diset di temperatur 21 , 22 atau 23 derajat.kemudian diservis(cleaning) oleh tk servis dan kemudian lampu indicator hidup dan ac dingin normal(kompresor dan fan outdoor normal) dan ac dihidupkan semalaman dan oke. Kemudian malam berikutnya saat dihidupkan acnya masalah berulang spt sebelum dibersihkan. Kemudian tk servis ac mengganti sensor termis dan lampu indicator on terus tapi kompresor dan outdoor fan masih on – off seperti sebelumnya hanya waktuny alebih panjang yakni on 12menit dan off 10menit sehingga ac tdk dingin dan saat kompresor off hembusan angin dr indoor meningkat. Demikian masalah ac saya, Mohon solusinya dan terima kasih.

  10. mbah kadir berkata:

    bos gmana cara memperbaiki ac semi duck,ini ac baru dan pipa sudah bagus tidak bocor tapi kenapa setelah beroprasi sekitar 1menit kok brubah menjadi pump down.bagaimana solusinya.

  11. satria berkata:

    Mengapa compressor tidak mau start pabila daya listrik kurang dari 200volt dan ap solusinya ?.

  12. edi kuswanto berkata:

    PAK GMN CARA memperbaiki ac spilit wall fan motor indoor nyala tapi tidak ngontek ke kompresor/tidak ada suply power dr indoor ke comperesor..mksh sblumnya

  13. rentalac bekasi berkata:

    Informasinya sangat membantu.thank’s Gan

  14. suryantototo berkata:

    Maaf gan, aku kepingin jadi tukang service ac biarpun bukan untuk kalayak. Tapi setidaknya buat kepentingan sendiri. Mengingat panggil tukang service kadang abunawas . Yang saya mau tanyakan apa sih nama2 perlengkapan peralatan yg kita buruhkan buat pemeriksaan/ mengetahui kerusakan pada ac split.
    Ok makasih.

  15. habib berkata:

    trimaksh atas artikelny pak,cm ada yg ingin sy tnykn,sy pny ac klo d’ksh nyala outdoorny lama bru hidup dan klo udh hidup g’ lma k’mudian mati dan kompressorny pnas skali.
    Itu apany yg rsak pak ya?…
    Trimakash.

  16. Eko berkata:

    Pak ac saya pada bagian pipa keluar es nya pak dan kadang2 juga keluar pada saringannya pak
    apa g harus saya lakukan pak?Mohon pencerahannya pak
    terima kasih

  17. Mike berkata:

    Ac saya daikin 3/4 pk hanya sejuk, tidak dingin. Capacitor tabung untuk kompressor dan capasitor kotak untuk fan baru diganti 3 bulan lalu, dan ac diservis juga. Menurut tukang ac yang lainnya, yang mengetes ampere dan tekanan freon: kompressor aus. Benarkah rotary kompressor menjadi aus? Sebab suara kompressor halus dari start dan running sampai dimatikan. Tidak tampak bunga es di pipa. Dan juga angin dari outdoor fan cuma hangat, tidak panas, mohon pencerahan. Trima kasih

  18. ray pardi berkata:

    Bagaimna jika fan outdoor tdk berfungsi sma sekali?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s